5 Fakta Dibalik Keamanan Linux

Anda semua pasti tahu apa itu Linux bukan? Dengan pengguna sebanyak 44% dari seluruh dunia, sampai saat ini, sistem keamanan Linux memang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows. Itu juga alasan kenapa beberapa user memakai Linux. Linux sudah sangat aman sejak pertama kali di instal. Jadi, sebenarnya kita tidak perlu takut harus melakukan settingan tambahan. Tapi sebagai pengguna, baik itu pengguna biasa, pengembang software ataupun administrator, lebih baiknya jika kita mengetahui fakta-fakta penting berikut:

1. Linux lebih aman dari Windows karena di Linux lebih sedikit exploits dalam celah keamanan, “lebih sedikit bukan berarti tidak ada”. Biasanya hal ini yang sering disepelekan oleh pengguna baru dan juga admin junior. Perbedaannya adalah dimana letak kelemahannya, bagaimana cara masuknya dan jenis serangannya. Itu yang harus anda ketahui. Misalnya, pengguna desktop masih rentan dengan serangan berbasis browser-exploits.

Intinya adalah menyadari bahwa Linux adalah sistem operasi yang juga mempunyai kerentanan terhadap serangan dan sebagai pengguna sebaiknya mengetahui dengan betul hal tersebut.



2. Jika anda pengguna baru Linux yang baru saja beralih dari Windows, mungkin anda berfikir Anti-Virus apa yang bagus untuk Linux. Tenang, anda tidak memerlukan Anti-Virus. Ini mungkin agak bertentangan dengan point sebelumnya, tapi maksud sebenarnya adalah Linux tidak mempunyai masalah dengan virus yang biasa menyerang sistem operasi Windows. Jika anda ingin menginstal antivirus di Linux, saya sarankan anda memakai ClamAV.

3. Lebih baik jika kita mau meluangkan sedikit waktu untuk mengetahui berita tentang sekuriti yang berkaitan dengan sistem operasi anda. Di Linux, sebaiknya kita selalu melakukan update sistem secepatnya setelah update tersebut tersedia. Dengan begitu segala celah keamanan dan kesalahan sistem secara otomatis telah diperbaiki atau/dan diperbarui. Sangat direkomendasikan mengecek update sehari sekali atau bahkan perjam, tentu saja anda tidak perlu melakukannya secara manual. Anda tinggal mengatur di System > Preferences > Software Updates. Mudah bukan!!??  :D

4. Di Linux seorang pengguna biasa tidak mempunyai kewenangan untuk merubah konfigurasi sistem. Pastikan anda telah mengatur hak tiap pengguna sesuai dengan kubutuhan masing-masing dan usahakan tidak login sebagai root untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, baik itu sengaja ataupun tidak sengaja. Di Fedora, secara default SELinux sudah terinstal dan bisa membatasi hak-hak software yang berjalan.
Jika dianggap perlu kita bisa meng-enkripsi data-data penting yang sekiranya orang lain tidak bisa meng-akses file-file tersebut tanpa sepengatahuan anda.

5. Jika anda seorang admin server, usahakan untuk menginstal “chkrootkit” untuk memastikan bahwa sistem anda tidak diambil alih orang lain. Gunakan juga “Tripwire” dan “Snort” untuk mendetaksi adanya penyusup.
Dan tidak ada salahnya jika selalu mem-backup data ataupun sistem kita. Untuk mengantisipasi hilang data ataupun hal buruk lainnya.

1 komentar:

chintia lim mengatakan...

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Komentarlah dengan sebaiknya karena Komentar anda sangatlah berarti untuk blog kami

Comment was the best because your comments are very meaningful to our blog

 

EMPUNYA BLOG

Hi, Welcome to my Blog ,I'm just a blogger who is seeking knowledge and share knowledge

Pengikut